Kamis, 20 Desember 2012

PARU-PARU Luasnya 50 Kali Luas Kulit

     udara menjadi komponen penting dalam hidup manusia.Manusia tak bisa hidup tanpa udara.Itulah mengapa,Allah menciptakan bumi lengkap dengan lapisan udara yang kaya oksigen sebagai tempat tinggal manusia di dunia.
     untuk dapat mengambil oksigen dari udara,Allah melengkapi  manusia dengan paru-paru sebagai alat pernafasan manusia.pada manusia dewasa,paru-paru berukuran panjang 25-30 cm.Sepasang organ ini terletak di rongga dada kiri dan kanan.
     paru-paru kita didesain penuh rongga-rongga yang disebut alveoli.Di alveoli inilah terjadi penyerapan oksigen oleh darah,sekaligus terjadi pertukaran antara udara kotor (karbondioksida) dengan oksigen.Tiap paru-paru mengandung 300 juta - 400 juta alveoli.Dengan jumlah gini,total luas permukaan alveoli menjadi sekitar 93 meter persegi.Jumlah ini sama dengan 50 kali luas kulit manusia.
Orang dewasa normal benafas 14 - 20 kali per menit,tapi saat berolahraga bisa mencapari 80 kali tarikan nafas per menit.jumlah udara normal yang dapat diserap oleh paru - paru dalm sekali nafas mencapai setengah liter,namun jumlah maksimal kapasitas paru-paru bisa mencapai 4,8 liter.Otot-otot paru-paru dapat dilatih untuk memaksimalkan kerja paru-paru.
sayangnya,manusia yang kurang bersyukur malah merusak organ penting ini.Merokok dan mencemari udara dengan polutan berbahaya,akan merusak paru-paru.sekali rusak,ia tak akan bisa diperbaiki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar